Rabu, 11 Mei 2016

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh

Posted by Hidup Sehat on 19.13 | No comments

 

  1. Mengatasi Rematik
Rematik adalah sebuah gejala yang umumnya terjadi pada lansia. Namun kini sudah banyak orang yang terkena penyakit rematik bahkan dari usia muda. Gaya hidup modern kemudian menjadi pemicu terjadinya rematik pada sebagian orang, salah satunya adalah sering mandi di malam hari yang dipercaya sebagai salah satu pemicu. Untuk mengatasi rematik, Anda bisa memanfaatkan daun pandan dengan mudah. Caranya, siapkan 3 lembar daun pandan, cuci hingga bersih lalu potong menjadi beberapa bagian. Seduh potongan pandan dengan setengah candkir minyak kelapa yang sudah dididhkan sebelumnya sambil diaduk. Tunggu hingga dingin, lalu gunakan untuk mengurut bagian yang sakit.
  1. Mengobati Pegal Linu
Mirip seperti rematik, pegal linu merupakan sebuah gejala yang menyebalkan karena membuat aktivitas menjadi terhambat. Namun sebenarnya, jika Anda terkena pegal linu, Anda bisa mengintrospeksi diri apakah Anda telah bekerja terlampau keras atau ada aktivitas yang membuat pegal linu. Pegal linu sendiri pastinya muncul dari aktivitas yang berat dan relatif dalam waktu yang lama. Jika Anda terkena penyakit pegal linu ini, Anda juga bisa mengobatinya dengan menggunakan manfaat daun pandan. Siapkan 5 lembar daun pandan, 20 lembar daun serai, 1 sdm minyak kayu putih dan 1 sdm minyak gandapura. Pertama, cuci bahan-bahan daun hingga bersih, lalu tumbuk hingga halus. Kemudian, tambahkan bahan minyak pada pandan yang sudah halus, lalu aduk. Gunakan ramuan daun ini untuk mengurut bagian tubuh yang pegal linu.
  1. Mengatasi Lemah Syaraf
Lemah syaraf merupakan suatu jenis penyakit yang menyerang syaraf. Penderita penyakit ini umumnya akan mengalami berbagai gejala seperti perasaannya menjadi lebih sensitif dan kehilangan tenaga. Penyakit syaraf ini disebabkan oleh berbagai hal pula, seperti mengalami tekanan batin, keracunan, atau faktor genetik. Penyakit ini dapat menyulitkan aktivitas karena syaraf merupakan organ yang sangat penting dalam pergerakan atau sensor motorik, sehingga jika terkena penyakit ini akan terasa seperti kehilangan tenaga dan sulit bergerak. Tapi jangan khawatir, manfaat daun pandan yang berikutnya adalah mengobati lemah syaraf. Cukup rebus 3 lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih dalam 3 gelas air, lalu biarkan hingga airnya menyusut hingga 2 gelas. Minum 1 gelas air rebusan tersebut setelah dingin selama 2 kali sehari.
  1. Menurunkan Tekanan Darah
Bagi Anda penderita hipertensi, Anda bisa menggunakan manfaat daun pandan untuk mengatasi penyakit Anda. Hal ini dikarenakan pandan dipercaya mampu menurunkan tekanan darah Anda sehingga tekanannya dapat menjadi lebih normal. Caranya mudah, siapkan daun pandan secukupnya, lalu rebus dengan menggunakan 3 gelas air. Diamkan hingga mendidih dan airnya menyusut hingga hanya tersisa 2 gelas saja. Saring air rebusan pandan tersebut, tunggu hingga dingin, lalu minum 1 gelas air rebusan pandan ini selama 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan sore hari.
  1. Mengatasi Perasaan Gelisah
Gelisah bisa jadi sebuah gejala yang menjelaskan kondisi Anda saat itu. Gelisah bisa menjelaskan bahwa Anda sedang memiliki permasalahan atau tekanan psikologis. Perasaan gelisah tentunya tidak menyenangkan karena serba salah dalam beraktivitas. Saat beraktivitas pun perasaan menjadi tidak tenang. Namun hal ini bisa Anda atasi dengan daun pandan. Daun pandan memiliki kandungan yang bersifat menenangkan, sehingga dapat mengatasi rasa gelisah Anda. Cukup seduh 2 lembar daun pandan yang sudah dibersihkan dan diiris-iris dengan 1 gelas air mendidih. Tunggu hingga dingin, lalu minum air seduhan daun pandan tersebut. Lakukan hal ini maksimal 3 kali sehari atau sesuai kebutuhan.
Sangat banyak ya manfaat daun pandan? Jadi, tidak ada salahnya untuk mulai menanam daun pandan di pekarangan rumah karena dapat sangat bermanfaat terutama bagi Anda yang gemar turun ke dapur!

0 komentar:

Posting Komentar